Ingin Menyekolahkan Anak di Sekolah Pilot? Orangtua Harus Persiapkan Ini


Orangtua mana yang tak ingin melihat anaknya hidup berkecukupan finansial sekarang bahkan di hari tuanya? Semua orangtua pasti menginginkannya. Hanya saja, cara orangtua untuk mewujudkannya berbeda-beda. Ada orangtua yang berencana menyekolahkan anaknya di sekolah pilot. Setelah lulus dari sekolah pilot, orangtua berharap sang anak bisa langsung bekerja di dunia penerbangan sebagai pilot dengan penghasilan bulanan yang menggiurkan. Nilai lebih yang diperoleh sang anak adalah bisa berkeliling dunia gratis. Well, apakah Anda ingin memasukkan anak ke sekolah pilot setelah menamatkan pendidikan di bangku SMA? Kalau begitu, berikut ini ada beberapa hal yang mesti Anda persiapkan sedari dini:

 

Pemahaman seputar sekolah pilot

 

Anda bisa menambah wawasan seputar sekolah pilot dengan memperbanyak membaca artikel di internet. Agar tidak mendapatkan informasi hoax, carilah sumber yang terpercaya. Jika tidak, Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan sekolah pilot yang kredibel.

 

Sebelum menyekolahkan anak di sekolah pilot, Anda disarankan memahami seputar sekolah pilot. Adapun beberapa hal yang penting untuk dipahami, sbb:

 

  • Bagaimana cara memilih sekolah pilot yang tepat? Sekolah pilot yang tepat bisa dianalogikan sebagai sekolah yang dapat mendongkrak kemampuan anak lebih optimal, membuat anak lulus tepat waktu, & tentunya diakui oleh publik. Memiliki tenaga pendidik yang berpengalaman serta didukung oleh fasilitas yang canggih & memadai adalah kriteria sekolah pilot yang tepat dipilih.
  • Anak akan dimasukkan batch apa? Pada dasarnya, pihak sekolah menawarkan 2 batch yakni batch independent dan batch Air Asia, Batik Air, dsb. Mungkin Anda mengira bahwa memilih batch Air Asia, Garuda, dsb membuat anak bisa langsung bekerja setelah lulus. Sebetulnya tidak demikian, anak masih tetap mengikuti seleksi meski dari batch Air Asia, Garuda, dsb yang biasanya memiliki biaya yang lebih tinggi.

 

Pemahaman yang lebih luas seputar sekolah penerbangan diharapkan dapat terhindar resiko dari kehilangan dana, anak lambat lulus, pengetahuan anak kurang, dsb lantaran kesalahan dalam memilih sekolah pilot.

 

Biaya pendidikan

 

Anda disarankan menganggarkan dana sedari sekarang jika ingin menyekolahkan anak di sekolah pilot. Tidak lain karena biaya pendidikan sekolah pilot tidak murah, kisarannya 800 juta ke atas. Beberapa sekolah pilot memang memberikan program cicilan supaya tidak memberatkan orangtua. Namun, tetap saja Anda harus dapat melunasi biaya pendidikan tsb sebelum masa pendidikan anak lebih kurang 1 tahun berakhir. Kalau hanya menabung dari pendapatan tiap bulan untuk pendidikan anak rasanya sangat sulit. Ditambah lagi inflasi yang terus meningkat. Sangat disarankan untuk berinvestasi dalam emas batangan atau properti yang dianggap lebih aman untuk mendongkrak dana. Jika tidak, beli asuransi pendidikan. Ketika anak siap masuk sekolah pilot, Anda tinggal mengajukan klaim pada perusahaan asuransi sehingga tidak terlalu memberatkan.

 

Kemampuan bahasa Inggris anak

 

Sudah bukan rahasia lagi kalau calon siswa pilot harus mampu dalam bahasa Inggris karena akan belajar dengan buku panduan yang berbahasa Inggris hingga berkomunikasi dengan bahasa Inggris dengan ATC ketika praktek terbang dengan pesawat latih. Bagaimana dengan kemampuan bahasa Inggris anak Anda? Jika memang sudah bagus, Anda tak perlu lagi khawatir, tinggal persiapkan pengetahuan & dana. Jika belum, saatnya Anda memasukkan anak pada lembaga kursus bahasa Inggris. Atau agar kemampuan bahasa Inggris anak cepat berkembang pesat, Anda bisa memanggil tutor yang ahli dalam bahasa Inggris ke rumah. Berikan semangat pada anak agar mereka mau mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya supaya bisa lolos sekolah pilot.



Got something to say?


(required)


Tags: ,