Orang Tua Wajib Lakukan Ini sebelum Menyekolahkan Anak di Sekolah Pilot


Setiap tahunnya, sekolah-sekolah pilot baik swasta maupun negeri di tanah air menerima para kadet baru yang nantinya setelah lulus, diharapkan mampu menjadi pilot yang dapat diandalkan dan memajukan dunia penerbangan di dalam negeri dan bahkan luar negeri. Selain itu, gaji pilot yang mencapai puluhan juta rupiah juga menjadi alasan banyak generasi muda untuk sekolah di sekolah penerbangan. Apakah Anda orang tua yang ingin menyekolahkan anak di flight school? Jika jawabannya iya, sebelum melakukan hal tersebut, sebaiknya lakukan hal-hal di bawah ini terlebih dahulu:

 

Menanyakan tentang kemauan anak untuk sekolah di sekolah pilot

 

Anak berhak menentukan jalan hidupnya dan anak pun memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda-beda. Karena kedua alasan ini, Anda dianjurkan untuk bertanya terlebih dahulu tentang kemauan anak untuk sekolah di sekolah penerbangan. Bisa saja anak ingin melanjutkan pendidikannya di bangku perkuliahan atau sekolah tinggi tertentu yang dia minati dan sukai. Seandainya, memang hal ini yang terjadi, jangan paksa mereka untuk mengikuti kemauan Anda karena jika hal ini yang Anda lakukan, besar kemungkinan anak akan malas dan ogah-ogahan untuk masuk ke sekolah pilot. Dari pada keluar banyak dana tapi anak justru gagal masuk atau gagal menjadi pilot, lebih baik sekolahkan anak di instansi pendidikan yang dia sukai. Di sisi lain, jika anak belum menentukan pilihan, tak salah kiranya jika Anda memberikan penjelasan kepadanya. Jelaskan tentang pilot course dan pekerjaan apa yang bisa dia dapatkan nantinya di masa yang akan datang serta berapa besar gajinya. Mudah-mudahan dengan memberikan penjelasan yang jelas, anak mau mengerti.

 

Membantu anak mencari sekolah pilot yang tepat

 

Jika anak memang bercita-cita untuk menjadi pilot sejak kecil dan dia sangat antusias dengan rencana Anda untuk menyekolahkannya di sekolah pilot, hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah membantunya untuk mencari sekolah pilot yang tepat. Seperti apa sekolah pilot yang tepat? Tentu saja jawabannya bukan sekolah yang menawarkan biaya pendidikan paling murah tapi sekolah yang dilengkapi fasilitas yang memadai, instruktur yang berpengalaman, lisensi yang lengkap, dan jam terbang yang cukup. Soal biaya pendidikan, sebaiknya di kesampingkan terlebih dahulu karena sekolah di pilot school tidak ada yang murah. Seandainya, anak sudah menemukan sekolah penerbangan idamannya, cari tahu dulu reputasi sekolah tersebut. Jangan sampai anak pilih sekolah yang tidak tepat. Jika hal ini sampai terjadi, Anda sendiri yang rugi nantinya.

 

Menyiapkan dana yang cukup

 

Seperti yang sudah dikatakan di poin sebelumnya, tidak ada yang namanya sekolah pilot yang murah karena rata-rata biaya pendidikan di sana mencapai 700-800 juta rupiah. Sudah pasti ini bukan dana yang sedikit. Butuh bertahun-tahun untuk mengumpulkan dana sebanyak itu jika orang tua calon kadet berasal dari kalangan menengah ke bawah. Bukan bermaksud menyepelekan atau merendahkan tapi memang pada kenyataannya hanya orang-orang berduitlah yang sanggup menyekolahkan anaknya di pilot course. Maka dari itu, jika Anda merasa mampu untuk melakukan hal ini, ada baiknya untuk mulai menyiapkan dana yang cukup mulai dari sekarang. Dengan begitu, ketika anak sudah resmi masuk ke sekolah pilot, Anda tinggal membayar biaya pendidikan dengan cepat tanpa harus menunggak dan stres mengumpulkan dana.

 

Well, semoga dengan melakukan hal-hal di atas, anak Anda bisa melanjutkan pendidikannya dan Anda bisa mengambil keputusan yang tepat dan bijak untuk masa depan anak.



Got something to say?


(required)


Tags: ,