Seluk Beluk Profesi Pilot


Pilot, betapa bangganya bila mampu mencapai profesi tersebut. Sebuah karir yang dinilai sangat “wah” oleh dunia. Dari pekerjaannya yang ditekuni harus dengan keahlian tinggi agar bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat membuat semua orang terkagum-kagum, mulai dari cara take off, landing, dan mengatur penerbangan selama di udara sembari berkomunikasi dengan Air Traffic Control (ATC). Tak mengherankan kalau pilot dihadiahkan penghasilan yang amat menggiurkan.

Sebagian besar orang bercita-cita ingin jadi pilot. Apalagi setelah mengenal berbagai kelebihan dari profesi tersebut. Namun, tidak semua orang pula meninjau lebih dekat dari sisi kelemahan. Dengan kata lain, keunggulan karir dijadikan sebagai acuan untuk mencapai profesi pilot tanpa mempertimbangkan konsekuensi yang bakal diterima. Setiap pekerjaan tentu ada kelebihan dan kekurangan. Bila keunggulan pilot telah diketahui pada uraian di atas, berikut seluk beluk dari profesi pilot yang dapat dipelajari:

 

Mahalnya biaya sekolah

 

Biaya sekolah pilot sangat mahal. Terkadang, anggapan orang lebih baik berinvestasi dalam bentuk usaha atau bangunan daripada harus pendidikan di pilot. Jumlah total biaya sekolah pilot mulai dari masuk asrama hingga lulus pendidikan pada umumnya berkisar hingga 800 juta rupiah. Secara keseluruhan biaya telah mencakup tempat tinggal, makan, transortasi, praktik, dan lain sebagainya, namun ada pula sekolah yang tidak demikian. Mahalnya biaya sekolah pilot memang menjadi kendala besar. Bahkan harus dipertimbangkan berulangkali agar tidak menimbulkan penyesalan meskipun diberikan kemudahan dalam hal pembayaran, seperti cicilan dan pinjaman. Inilah salah satu tantangan untuk menjadi pilot, selain upaya menghadapi banyaknya peserta seleksi juga terjebak ke dalam biaya yang amat mahal.

 

Ada kemungkinan setelah lulus malah menganggur

 

Setelah lulus pendidikan semua orang pastinya ingin langsung memperoleh pekerjaan sesuai yang diharapkan. Namun, siapa yang akan menjamin hal tersebut. Termasuk pula lulusan sekolah pilot yang dalam setiap tahunnya selalu dibutuhkan oleh airline namun masih sering terjadi pengangguran. Mengapa demikian? Ada kemungkinan setelah lulus pendidikan pilot malah menganggur karena kemampuan dari segi akademik kurang dan keahlian terbang yang minim. Jadi, bukan semata-mata karena hadirnya pilot asing sehingga menjadi pengangguran melainkan ketidakmampuan pilot itu sendiri dalam memenuhi kualifikasi maskapai. Misalnya kesehatan menurun, jam terbang kurang tinggi, lisensi tidak mendukung, dan lain sebagainya. Pastinya kurang menyenangkan bukan jika hal ini dialami?

 

Besarnya resiko pekerjaan

 

Bicara mengenai resiko dari pekerjaan seorang pilot pastinya lebih dekat dengan kecelakaan pesawat, jatuh entah itu karena kehabisan bahan bakar, cuaca buruk, atau human error.

 

  1. Kehabisan bahan bakar. Beberapa jam sebelum pesawat tak off, memang seluruh badan pesawat diperiksa dan dicek terlebih dahulu oleh teknisi pesawat. Namun habisnya bahan bakar sangat rentan terjadi karena adanya kebocoran pada mesin pesawat sehingga membuat persediaan bahan bakar menipis.
  2. Cuaca buruk juga merupakan salah satu faktor penyebab jatuhnya pesawat karena pilot kesulitan mengendalikan pesawat di tengah cuaca yang tidak bersahabat.
  3. Human error juga termasuk sebagai satu pemicu terjadinya kecelakaan pesawat, seperti halnya dalam mengatur penerbangan yang kurang pas sehingga menabrak gunung atau bahkan bangunan di sekelilingnya.

 

Berbagai resiko yang dialami pilot mengakibatkannya bisa kehilangan nyawa. Di samping itu, hal kecil yang biasa terjadi terlebih dengan jam terbang tinggi adalah masalah kesehatan seperti kanker kulit dan demam.

 

Itulah seluk beluk seputar pilot yang wajib diketahui sebelum masuk sekolah penerbangan agar nantinya siap menghadapi segala rintangan dan tantangan yang ada. Semua hal tersebut harus diketahui untuk sebuah kenyamanan berkarir sebagai pilot.



Got something to say?


(required)


Tags: , ,



Trik agar Kesempatan Menjadi Pilot Lebih Besar


Bukan rahasia lagi bila pilot merupakan salah satu profesi yang diminati banyak orang pada saat ini. Adapun yang menjadi alasan orang tertarik dengan pekerjaan ini selain karena masalah gaji yang tinggi, menjadi pilot termasuk profesi yang membangakan diri sendiri dan orang tua. Namun, ada banyak orang yang tertarik menjadi pilot sehingga tidak mudah mewujudkan cita-cita satu ini karena ada banyak pesaing. Bukan tidak mukin, bila tidak bisa bersaing maka keinginan menjadi pilot akan gagal. Gagalnya menjadi pilot bisa disebabkan oleh berbagai hal salah satunya dikarenakan banyaknya orang yang mendaftar yang akhirnya tidak ada kesempatan Anda untuk bisa lolos menjadi pilot. Maka dari itu, agar kesempatan Anda untuk menjadi pilot terbuka lebih besar, di bawah ini ada 3 triknya.

 

Pilih sekolah pilot dengan durasi pendidikan singkat

 

Untuk menjadi pilot maka salah satu syarat utama yang harus dipenuhi sebagai seorang calon pilot yaitu harus lulus dari sekolah pilot terlebih dahulu. Yang mana di sekolah inilah yang nantinya Anda akan mendapatkan informasi mengenai dunia penerbangan. Karena, hanya sekolah dengan jurusan inilah yang akan mempelajari dunia penerbangan lebih dalam. Setiap sekolah pilot menawarkan durasi belajar berbeda-beda ada yang lebih kurang dari 1 tahun dan ada juga yang lebih. Jika mengambil durasi belajar lebih dari satu tahun, bisa jadi inilah yang membuat kesempatan menjadi pilot lebih kecil. Mengapa? Karena, bukan tidak mungkin ada banyak orang yang lulus bersamaan dengan Anda sehingga ada banyak yang mendaftar di maskapai penerbangan untuk menjadi pilot pada saat itu. Salah satu trik, agar kesempatan Anda untuk menjadi pilot lebih besar sebaiknya pilih sekolah pilot dengan durasi pendidikan lebih singat. Dengan durasi pendidikan lebih singkat, bukan tidak mungkin akan membuat Anda cepat lulus dan cepat mendaftar di maskapai penerbangan.

 

Cari sekolah pilot yang bekerjasama dengan pihak penerbangan

 

Trik kedua agar memiliki kesempatan untuk menjadi pilot lebih besar yaitu dengan cara mencari sekolah pilot yang bekerjasama dengan pihak penerbangan. Ada beberapa sekolah pilot yang bekerjasama dengan maskapai penerbangan. Memilih sekolah pilot yang telah bekerjasama dengan maskapai penerbangan, bukan tidak mungkin keinginan untuk menjadi pilot terbuka lebar karena pihak sekolah akan langsung merekrut Anda untuk bergabung di maskapai penerbangan. Tidak hanya itu saja, biasanya sekolah pilot yang telah bekerjasama dengan pihak penerbangan dinilai sebagai sekolah yang berkualitas. Dengan begitu, ini akan membuat Anda lebih mudah diterima di maskapai penerbangan lainnya. Namun, agar bisa didaftarkan langsung dari sekolah pilot ke maskapai penerbangan yang bekerjasama, Anda harus memenuhi kriteria yang diinginkan pihak maskapai dan dinyatakan layak.

 

Temukan sekolah pilot yang menyediakan lisensi ME

 

Lisensi ME atau MER (Multi-Engine Rating) adalah surat izin terbang yang digunakan untuk membawa pesawat terbang bermesin ganda. Yang harus diketahui, bagi Anda yang memiliki lisensi satu ini akan lebih mudah bekerja di maskapai penerbangan karena dinilai telah siap untuk bekerja. Membuat Anda untuk mendapatkan kesempatan lebih besar menjadi pilot, sebaiknya temukan sekolah pilot yang menyediakan lisensi ME atau MER ini. Bisa jadi, setelah mengantongi lisensi satu ini membuat Anda lebih mudah menjadi pilot setelah lulus dari sekolah pilot.

 

Walapun tidak mudah untuk menjadi seorang pilot, bukan berarti kesempatan menjadi pilot tidak ada. Nah, semoga 3 trik diatas bergunakan untuk Anda yang memiliki cita-cita menjadi pilot.



Got something to say?


(required)


Tags: ,